Ratusan Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Tegal Siap Beradu di Ajang LT-III - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 14 Desember 2016

Ratusan Penggalang Kwartir Cabang Kabupaten Tegal Siap Beradu di Ajang LT-III


Bregasnews.com (Slawi) – Ratusan Anggota Pramuka Penggalang atau setara SMP / MTs se Kwartir Cabang Kabupaten Tegal, siap beradu prestasi kemampuan dan ketrampilan dalam ajang Lomba Tingkat III (LT-III) yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal. Kegiatan rencananya bakal dihelat 19-22 Desember 2016 di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih, Kecamatan Bojong.

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,MKes,MM melalui Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo,S.Pd mengatakan Lomba Tingkat III merupakan arena pertemuan Regu Pramuka Penggalang Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal dengan cara kegiatan kreatif, rekreatif edukatif dalam bentuk perlombaan.

“LT III ini lebih ketat karena berbentuk lomba, berbeda dengan Jambore Penggalang,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Harjo, dalam LT-III Pramuka Penggalang dituntut lebih mandiri tanpa bantuan dari Pembinanya. Pembina pendamping sifatnya hanya memantau dan mengawasi anak didiknya.

“Kemandirian menjadi modal bagi adik - adik peserta LT-III, karena semuanya harus dilakukan sendiri oleh mereka (penggalang-red),” tandas Harjo.

Dia menambahkan, Lomba Tingkat III merupakan wahana untuk mengukur prestasi Pramuka Penggalang, sehingga dapat diketahui batas yang harus dicapai Pramuka Penggalang Rakit atau Terap. “Dalam LT-III ini, diisi dengan kegiatan kreatif, rekreatif daan edukatif dalam bentuk lomba,” katanya.

Oleh karena itu dalam LT- III, Pramuka Penggalang akan dinilai antara lain : bagaimana disiplin pribadi, rasa tanggung jawab, kesetiaan terhadap regu serta ketrampilan menguasai pioneering, teknik kepramukaan, semaphore, morse dan lain – lain.

“Tunjukan dengan penuh semangat, hasil latihan di Gudep dan prestasi LT-II secara maksimal. Jangan ragu dan jangan malu,” ujarnya.

Terpisah, Andalan Cabang Urusan Humas, Nurkhasan mengungkapkan, Lomba Tingkat Tiga sebagai tolak ukur penerapan nilai Satya dan Dharma Pramuka, mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan mengelola regu, memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Pramuka Penggalang melaksanakan kegiatan dari, oleh dan untuk kepentingan Penggalang.

“LT III dikemas dalam bentuk perkemahan dan Lomba Penggalang untuk meningkatkan kreatifitas dan ketangkasan serta ketrampilan anggota Pramuka. Selain itu juga, untuk mencari regu Berprestasi yang akan mewakili Kwarcab Tegal dalam Lomba Tingkat IV di tingkat Kwarda 11 Jateng pada tahun 2017 mendatang,” bebernya.

Materi kegiatan yang dilombakan, tambah Khasan, dibagi menjadi beberapa kelompok kegiatan antara lain Kelompok Ketaqwaan terhadap Tuhan YME; Kepribadian dan kepemimpinan; pengetahuan dan kecerdasan; ketrampilan, ketangkasan dan olahraga, peduli sesama dan lingkungannya serta Administrasi Regu.

“Lomba Tingkat – III tahun 2016 ini mengusung tema Kompetitif, Inovatif dan Edukatif,” pungkasnya.(Trish)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman