Rapat Dalam Rangka Mengantisipasi Dampak Hoak Penculikan Anak Di Wilayah Kabupaten Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 10 Maret 2017

Rapat Dalam Rangka Mengantisipasi Dampak Hoak Penculikan Anak Di Wilayah Kabupaten Brebes


Bregasnews.com – Rapat dalam rangka mengantisipasi dampak hoax penculikan anak di wilayah Kabupaten Brebes, dilaksanakan pada hari Rabu 08 Maret 2017 bertempat di Pendopo Bupati Kabupaten Brebes, dipimpin oleh Bupati Brebes.

Dalam Kesempatannya Wakapolres Brebes menyampaikan data bahwa kasus “Hoax” tentang penculikan anak yang menyamar sebagai orang gila, gelandangan dan pengemis di Kabupaten Brebes sudah terjadi sebanyak 7x dan terakhir diwilayah Kecamatan Banjarharjo.

Dikatakan dia, Para orang gila, gelandangan dan pengemis ini yang disinyalir sebagai penculik anak yang kemudian ditangkap warga diperlakukan secara tidak manusiawi dengan main hakim sendiri.

Sedangkan Setda Kab. Brebes meminta kepada Bupati agar segera mengeluarkan surat edaran kepada Camat dan Kepala OPD tentang berita hoax tersebut guna menghindari aksi main hakim sendiri warga masyarakat Brebes sehingga diharapkan jika ada  ada orang gila, gelandangan dan pengemis segera melaporkannya kepada Dinas Sosial dan tidak main hakim sendiri.

Ia  juga menghimbau agar digiatkan serta ditingkatkan kembali Siskamling di desanya masing-masing. Dia menjelaskan bahwa penampungan orang gila, gelandangan dan pengemis tersebut membutuhkan makanan padahal anggaran dari Dinsos tidak ada untuk mereka tersebut, akan tetapi Pemkab Brebes lewat instruksi dari Bupati Brebes akan secepat mungkin dengan mengalihkan kepada anggaran lain.

Arahan Bupati Brebes bahwa orang gila, pengemis dan gelandangan agar dirazia secepat mungkin dan dibawa ke rehabilitasi Dinas Sosial.

Dalam kesempatan yang sama, penyampaian pesan dari Kasatpol PP adalah mulai hari ini Satpol PP bersama Polres dan Dinsos sudah melaksanakan razia disepanjang Jalan Pantura mulai dari Kaligangsa sampai dengan wilayah Losari dengan hasil menjaring 11 orang gila yang semuanya laki-laki dan telah diserahkan ke rehabilitasi Dinsos. “Dalam seminggu ini akan difokuskan dengan melaksanakan sapu bersih orang gila di wilayah Brebes” tutur dia.

Sedangkan Penyampaian Kolonel Marinir Ilyas yaitu analisa dari intelijen bahwa hal tersebut (berita hoax) sengaja dikondisikan dan disebar luaskan oleh oknum tertentu agar wilayah Brebes tidak aman/tidak kondusif dan terjadi keresahan ditengah-tengah masyarakat.

Disinyalir, menurut dia, ada keterlibatan dari PKI, setelah beredar isu orang gila tersebut, nantinya akan beredar isu dukun santet yang ditujukan kepada para Kyai sehingga sasarannya adalah agar para santri tidak terima dan akan terjadi keributan seperti pola adu domba PKI pada tahun 1965 lampau.

Di Desa Gandasuli, kata dia, sudah beredar berita hoax tentang penculikan anak tersebut yang mengakibatkan masyarakat sangat resah serta anak-anak mereka tidak berani main keluar rumah terutama dimalam hari.

Menurutnya, orang gila yang terjaring sebagian besar bukan warga asli Brebes, Dinsos kita agar berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten tetangga guna meminimalisir operasi pembuangan orang gila/gelandangan ke wilayah Brebes.

Ia juga menghimbau agar polisi lebih intensif memantau perbatasan yang sering digunakan untuk membuang orang gila tersebut. Dia  meminta kepada Kodim 0713/Brebes terutama jajaran Danramil 0713/Brebes, Para Kapolsek, Para Camat dan Para Kepala Desa agar mensosialisasikan berita penculikan anak tersebut hanyalah berita Hoax sehingga diharapkan situasi menjadi kondusif dan masyarakat tidak main hakim sendiri. 


Hadir dalam rapat tersebut antara lain Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, S.E, Kol Marinir Ilyas dari BIN, Kapolres Brebes yang diwakili Wakapolres Brebes Kompol Mashudi, SH, Dandim 0713/Brebes yang diwakili Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad, Sekda Kab. Brebes Emastoni Ezam, SH. MH, Pj. Kadis Info, Kepala Dinas Sosial Kab. Brebes yang diwakili Kabag Dinas Sosial, Kasatpol PP Kab. Brebes yang diwakili Kasi Trantib Satpol PP, Kepala Dinkes Kab. Brebes yang diwakili Kabag Dinas Kesehatan serta Kakesbangpol Linmas, Pasiintel Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Yatno serta Kasat IPP Polres Brebes.(Tris)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman