Paska Hujan Lebat, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Kamis, 25 Januari 2018

Paska Hujan Lebat, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga


Bregasnews.com – Pasca hujan lebat disertai petir yang mengguyur Kecamatan Salem kemarin, Babinsa Koramil 13/Salem Kodim 0713/Brebes bersama dengan warga masyarakat yang berjumlah 20 orang, melaksanakan karya bhakti berupa pembersihan serta pemotongan batang pohon yang menimpa Rumah milik Brata (65) warga Rt. 04 Rw. 05 Dusun Brak Desa Salem. Kamis (25/1/2018).

Peristiwa tumbangnya pohon ini dikarenakan kondisi tanah yang lembek akibat diguyur hujan lebat terus-menerus disertai angin, disamping itu pohon sangatlah rindang sehingga tidak kuat menahan terpaan angin bercampur hujan tersebut.

Kadus Brak Desa Salem Darum, yang ikut serta bergotong royong menuturkan “Benar bahwa pada Rabu malam, hampir sebagian besar wilayah Kecamatan Salem dan sekitarnya diguyur hujan lebat disertai petir, hal ini mengakibatkan salah satu pohon besar di Desa kami tumbang dan menimpa salah satu rumah warga, akibatnya samping mengalami kerusakan berupa kondisi genteng pecah, kayu usuk maupun kayu reng juga banyak yang patah dan jika ditaksir kerugian material mencapai sekitar 2 juta rupiah.

Namun, kata dia, tidak sampai memakan korban jiwa sang empunya rumah. Saya sangat berterimakasih kepada pihak Koramil Salem dan warga, yang sigap dalam merespon salah satu warga yang tertimpa musibah. Dukungan moril bagi keluarga  Brata yang dilakukan oleh Babinsa Salem dan warga sekitar berupa pembersihan dan evakuasi batang pohon yang tumbang, adalah wujud dari kepedulian TNI dan warga dan tentunya akan sangat berarti bagi keluarga yang tertimpa kemalangan tersebut,” bebernya.

Danramil 13/Salem Kapten Inf. Agus Sulistyo, mengatakan “Saya menghimbau serta mengingatkan kepada warga, bahwa beberapa hari ini Kecamatan Salem dan sekitarnya sedang mengalami cuaca yang sangat ektrim, untuk itu warga saya minta untuk berhati–hati dan meningkatkan kewaspadaan terutama terhadap banjir dan tanah longsor. Hati-hati jika cuaca mendung maupun hujan, untuk segera kembali kerumah, belakangan ini hujan disertai petir yang menyambar, ini sangat membahayakan. Jika masih mempunyai pohon disekitaran rumah yang tinggi dan lebat daunnya, kurangi ranting pohon dengan memotong cabangnya agar pohon tidak tumbang jika terpapar angin kencang disertai hujan dan petir. Tetap semangat dan peduli akan sesama dan lingkungan, semua adalah ujian maka kita harus tabah dan sabar menerimanya,“ ucapnya.

Rencananya warga dan Babinsa, akan segera memperbaiki rumah milik Brata setelah bekas reruntuhan dibersihkan dan rembug warga. (Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman