Puting Beliung Gasak 8 Rumah Warga, Babinsa Brebes-Warga Lakukan Aksi - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Jumat, 02 Februari 2018

Puting Beliung Gasak 8 Rumah Warga, Babinsa Brebes-Warga Lakukan Aksi


Bregasnews.com – Cuaca Ekstrim melanda wilayah Kabupaten Brebes dalam beberapa hari belakangan ini, tidak hanya diwilayah selatan Brebes saja seperti di Kecamatan Bantarkawung dan Salem, akan tetapi kali ini hujan deras disertai puting beliung terjadi di Kecamatan Brebes Kota tepatnya di Desa Pemaron, Wangandalem dan Terlangu pada Selasa 30 Januari 2018.

Puting beliung ini menerjang 8 pemukiman warga, di Desa Pemaron 4 rumah warga megalami rusak ringan, rumah Slamet di Rt. 01 Rw. 01, Surwad dan Wusdito di Rt. 02 Rw. 07 serta Tanyem di Rt. 01 Rw. 08. Untuk Desa Wangandalem puting beliung merusak rumah Aris dan Talan di Rt. 01 Rw. 01. Sedangkan di Desa Terlangu rumah rusak milik Zar'in, Rambat dan Rasum yang kesemuanya berada di Rt. 01 Rw. 01.

Untuk kronologis kejadian adalah pada Selasa 30 Januari 2018 sekitar Pukul 16.45 WIB, ketiga desa tersebut diguyur hujan lebat, kemudian terbentuk puting beliung yang tiba-tiba datang dari arah utara ke selatan dan menerjang rumah warga yang dilewatinya, beruntung angin tersebut tidak begitu besar dan hanya merusak atap rumah para warga.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, kondisi rumah saat ini masih dapat dihuni dengan kerusakan pada atap rumah/genteng serta asbes lepas.

Danramil 01/Brebes bersama Babinsa segera mendatangi lokasi bencana guna mendata kerugian personil maupun material sebagai bahan laporan ke Komandan Kodim 0713/Brebes serta instansi terkait guna menerima petunjuk penanganan bencana, serta segera berkoordinasi dengan pihak desa dan Muspika Brebes guna pelaksanaan karya bhakti pembersihan puing-puing atap rumah serta perbaikan secara gotong-royong pasca puting beliung.

Danramil 01/Brebes Kapten Infanteri Nurhadi membagi para anggotanya untuk melaksanakan karya bhakti di tiga titik tersebut, guna mengevakuasi puing-puing atap rumah serta perbaikan bergotong-royong dengan warga dan perangkat desa setempat.

“Musibah puting beliung terjadi sekitar pukul 16.45 WIB, selain hujan deras puting beliung tiba-tiba menerjang 8 pemukiman warga di tiga Desa di Kecamatan Brebes. Masyarakat yang tertimpa bencana sangat membutuhkan bantuan sesegera mungkin, karena membahayakan penghuninya apalagi jika hujan susulan datang. Tugas TNI adalah membantu kesulitan warga, bantuan sekecil apapun akan sangat berarti bagi yang tertimpa musibah, hal ini hanya semata untuk meringankan beban mereka. Kami juga menghimbau sesuai dengan arahan Dandim 0713/Brebes, agar selalu mengantisipasi bencana alam di wilayah jajaran Koramil Kodim 0713/Brebes, lapor dan temu cepat kemudian atasi berupa penanganan pertama dengan cepat pula dan tepat,” ungkap Danramil 01/Brebes Kapten Inf Nurhadi. (Aan/trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman