Jadi Urat Nadi Pertanian, Ratusan Orang Lakukan Pembersihan Sampah Kali Sigeleng Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Jumat, 23 November 2018

Jadi Urat Nadi Pertanian, Ratusan Orang Lakukan Pembersihan Sampah Kali Sigeleng Brebes



Bregasnews.com – Masjali Geleng Kellon atau Masyarakat Jaga Kali Sigeleng Kelurahan Limbangan Kulon, melaksanakan pembersihan guna pemeliharaan sungai yang menjadi urat nadi pertanian di wilayah Kecamatan/Kabupaten Brebes dalam memenuhi kebutuhan air. Jumat (23/11/2018).

Kegiatan ini juga melibatkan puluhan anggota Kodim 0713 Brebes terutama Koramil setempat, Koramil 01 Brebes. Selain itu juga gabungan dari Ormas, masyarakat setempat, anggota dari Polsek, Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah, Dinas Pengairan dan Kecamatan serta Dinas PU Brebes. Camat, Eko Purwanto dan Danramil 01 Brebes Kapten Infanteri Nurhadi, terlihat memimpin ratusan orang tersebut.

Komunitas Masjali Geleng Kellon berkolaborasi dengan seluruh pihak, serius dalam menangani permasalahan sampah khususnya di aliran Sigeleng, mengangkat sampah-sampah dan tumbuhan liar (eceng gondok dan kangkung) di DAS sepanjang desa.

Sebelum nyemplung kali, terlebih dahulu dilaksanakan apel pagi pengecekan, pengarahan dan pembagian tugas oleh Camat dan Danramil. Alat peralatan konvensional digunakan untuk menarik sampah yang selanjutnya dibuang ke TPA di Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes, menggunakan 2 Unit armada dari Dinas LH.

Dikatakan Danramil bahwa, upaya Kodim bertujuan untuk membantu masyarakat, petani dan dinas terkait dalam memerangi sampah, mitigasi banjir jelang musim penghujan serta mensukseskan program swasembada pangan melalui peningkatan debit air pada saluran irigasi khususnya di wilayah Kecamatan Brebes, dengan sasaran utama sungai tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan masyarakat Limbangan Kulon yang mengatasnamakan Masjali Geleng Kellon, membersihkan Sungai Sigeleng. Ini adalah kegiatan yang sangat positif dan harus kita dukung bersama. Masyarakat mulai termotivasi dan sadar terhadap kegiatan karya bhakti TNI yang telah gencar dilakukan sebelum-sebelumnya. Kepedulian akan kebersihan saluran sebagai urat nadi perekonomian masyarakat setempat yang dominan sebagai petani bawang merah.” ungkapnya.

Sementara Camat Brebes juga memberikan apresiasi senada atas launching organisasi Masjali Geleng Kellon yang diketuai oleh Saudara Zulfandi, perangkat desa setempat, dalam menggerakkan warganya untuk menjaga kebersihan dan estetika Sigeleng. Harapannya jika pembuangan Sigeleng menuju muara Pantai Randusanga lancar, maka banjir yang pernah terjadi Februari 2018 lalu dapat dicegah. (Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman