Dampak COVID-19, LAPPAS-RI berharap SPP Sekolah Negeri/Swasta Gratis Di Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 09 Juni 2020

Dampak COVID-19, LAPPAS-RI berharap SPP Sekolah Negeri/Swasta Gratis Di Brebes

Dedy Rohman, Sekjen NGO Lappas-RI Brebes


Bregasnews.com - Adanya dampak virus covid-19 terhadap perekonomian masyarakat semakin nyata. Selain berbagai pemutusan hubungan kerja atau pekerja di rumahkan, lesunya perdagangan masyarakat dan lainnya telah secara langsung berdampak terhadap pendapatan masyarakat.

Di satu sisi berbagai kebutuhan bulanan terus berjalan dan wajib dibayarkan. Salah satunya adalah pembayaran SPP ( Sumbangan Pembinaan Pendidikan ) bagi masyarakat yang memiliki anak dan duduk di bangku sekolah. Baik di tingkat dasar, menengah pertama, hingga menengah atas.

Kondisi ini yang membuat Lembaga Analisa Pencegahan Publikasi Anggaran Dan Sistem- Republik indonesia ( LAPPAS - RI ) menyampaikan harapan besarnya ke pemerintah daerah kabupaten Brebes, yaitu adanya kebijakan menggratiskan SPP bagi pelajar SD hingga SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Brebes Jawa -Tengah.

"Paling setidaknya dipotong atau diskon 50 persen SPP-nya. Sehingga kebijakan itu bisa membantu masyarakat saat ini," ucap sekjend LAPPAS-RI Dedy Rochman HS Selasa (9/6/2020) dikantornya.

Menurut aktivis muda Brebes ini, SPP gratis atau diskon layak dilakukan karena aktivitas belajar mengajar di sekolah sudah tidak ada, namun diganti dengan belajar dirumah. Sehingga biaya operasional sekolah sekarang sudah terpangkas.

”Kalau soal gaji guru bisa diambil dari anggaran Bopda atau BOS," ujarnya saat menyikapi terkait gaji guru bila SPP digratiskan atau dipotong setengahnya.

Untuk mewujudkan hal itu, Dedy Rochman menyampaikan, LAPPAS -RI akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten Brebes untuk menghitung lagi anggaran Bopda dan BOS.

”Kita ingin mengetahui berapa anggaran Bopda ( Bantuan Operasional Pendidikan Daerah ) di Kabupaten Brebes kalau ada. Serta berapa anggaran kebutuhan Bopda untuk sekolah negeri/swasta di kabupaten Brebes kalau SPP digratiskan atau diskon 50 persen," pungkasnya ( Teguh/tim )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman