Pembukaan TMR ( Tentara Manunggal Reboisasi ) Ke XIII Tahun 2016 Dengan Tema " Wariskan Hutan Yang Kebih Baik Untuk Generasi Penerus" - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 17 November 2016

Pembukaan TMR ( Tentara Manunggal Reboisasi ) Ke XIII Tahun 2016 Dengan Tema " Wariskan Hutan Yang Kebih Baik Untuk Generasi Penerus"


Bregasnews.com (Larangan), Bertempat dilapangan Sepak bola Sekarjogja Desa Pamulihan Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes berlangsung Upacara Pembukaan TMR ( Tentara Manunggal Reboisasi ) Ke XIII Tahun 2016 dengan tema " Wariskan hutan yang lebih baik untuk generasi penerus" bertindak sebagai Inspektur Upacara Plt. Drs. Budi Wibowo, Msi, Komandan Upacara Danramil 11/Paguyangan Kapten Arm Komari. Rabu (16/11/2016).

Hadir dalam upacara Plt. Drs. Budi Wibowo, Msi, Dandim 0713/Brebes diwakili Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad, Asisten 2 Sekda Brebes Ir M Iqbal, Kapolres Brebes diwakili Kapolsek Larangan AKP Safari, SH, Kepala KPH Pekalongan Barat, kepala KPH Perhutani Balapulang, SKPD Kabupaten Brebes, Muspika kecamatan Larangan, Kades se-Kecamatan Larangan, Ibu Wakil ketua persit cab XXIII Dim 0713/Brebes beserta Ibu PKK Desa Pamulihan, Para Toga, Tomas kecamatan Larangan dan Instansi terkait.

Sambutan Bupati Brebes yang dibacakan oleh Wakil Bupati Narjo, SH mengatakan Atas nama Pemerintahan Kabupaten Brebes besrta seluruh masyarakat, ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI khususnya Kodim 0713/Brebes atas karya bhaktinya berbagai macam kegiatan di wilayah Brebes, hutan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang tak ternilai harganya.

Menurutnya manfaat dan keindahan sungguh luar biasa bagi umat manusia, karena didalamnya terkandung keanekaragaman hayati, sebagai merupakan plasma nutfah, sumber hasil hutan kayu dan non kayu, pengatur tata air pencegah banjir dan erosi, serta menjaga kesuburan tanah, perlindungan alam hayati untuk kepentingan ilmu pengetahuan, kebudayaan, rekreasi dan pariwisata, sehingga kita semua berkewajiban untuk memelihara dan melestarikannya. 

Pada kenyataan, lanjutnya kerusakan hutan dan lahan masih menjadi ancaman serius, seperti kita ketahui bersama pada awal reformasi, terjadi penjarahan hutan dan lahan yang cukup parah, dan lahan kritis di wilayah Kabupaten Brebes tahun 2015 lalu sudah 200 Hektar sedangkan secara Nasional kerusakan hutan seluas 1.17 juta Hektar per tahun. 

Dijelaskannya, Tentara Manunggal Reboisasi (TMR) merupakan kegiatan kemitraan di bidang rehabilitasi hutan dan lahan, merupakan kerjasama antara Kodim 0713/Brebes dengan perum Perhutani KPH Pekalongan barat dan KPH Balapulang, bersama-sama pemerintah kabupaten Brebes dalam rangka mewujudkan kelestarian hutan dan lahan untuk kesejahteraan rakyat, oleh karena itu kami mengajak semua komponen masyarakat untuk bahu membahu bersama TNI melakukan Penghijauan pada lahan yang kosong dan reboisasi dikawasan hutan yang gundul, dan kritis guna mewujudkan hutan lestari dengan TNI Manunggal Reboisasi.

"Dalam kesempatannya saya mengajak kita semua untuk bersama-sama membudayakan kegiatan gerakan menanam dan memelihara pohon secara kontinyu, dalam kurun waktu 5 sampai dengan 10 tahun mendatang bangsa kita akan bisa menikmati indahnya bumi Indonesia yang hijau berseri dengan masyarakat yang makmur dan sejahtera."ajaknya.

Harapannya, dalam kegiatan TMR ini masyarakat benar-benar kita ajak terlibat bukan hanya pada saat pencanangan saja. Namun dalam semua proses yang utamakan justru dalam pemeliharaan hasil kegiatan ini. mari bersama-sama kita menjaga hutan bukan untuk kepentingan kita menjaga keseimbangan ekosistem kita. Namun agar dapat mewariskannya pada anak cucu kita.


Pemberian penghargaan kepada diantaranya Saeroji, S.ST dari Dinhubun Brebes juara I lomba Wana Lestari Tk Kabupaten Brebes, KTH Mangrove Sari dari KTH Mangrove sari juara I lomba wana lestari Tk kab. Brebes kategori kelompok tani hutan, juara I lomba wana lestari Tk Propinsi Jateng tahun 2016 kategori kelompok tani hutan, juara III lomba wana lestari Tk nasional tahun 2016 kategori kelompok tani hutan. Desa Pasir panjang Salem juara I lomba Wana Lestari Tk Kabupaten Brebes kategori desa/Kelurahan peduli Kehutanan, juara I lomba wana lestari Tk propinsi jateng tahun 2016 kategori desa/Kelurahan peduli Kehutanan.

Untuk penanaman pohon secara simbolis oleh Plt. Drs. Budi Wibowo, Msi, Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain : Pohon Jati 4500 pohon, Pohon Pete  sebanyak 125 Pohon, Pohon mangga 125 pohon.

Dilanjutkan Penanaman Pohon di disekitar lapangan upacara yang dilakukan oleh Plt. Drs. Budi Wibowo, Msi, Dandim 0713/Brebes diwakili Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad, Asisten 2 Sekda Brebes Ir M Iqbal, Kapolres Brebes diwakili Kapolsek Larangan AKP Safari, SH, Kepala KPH Pekalongan Barat, kepala KPH Perhutani Balapulang.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman