Gubernur Jateng : TMMD Bagian Merawat dan Mengikat Kebersamaan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 04 April 2018

Gubernur Jateng : TMMD Bagian Merawat dan Mengikat Kebersamaan


Bregasnews.com - Demikian Plt.Gubernur Jawa Tengah Drs.H.Heru Sujatmoko, M.Si. dalam sambutannya pada Upacara Pembukaan TMMD Tahap I (Reguler 101 dan Sengkuyung I) Prop. Jawa Tengah Tahun 2018, Rabu (4/4/2018) di Lapangan Sepak Boka Sida Kangen Desa Karangjambu Kec. Karangjambu Kab. Purbalingga.

Lebih lanjut dijatakan, Alhamdulillah hari ini Tuhan Yang Maha Esa masih memberikan nikmat sehat, kekuatan dan semangat kepada kita semua untuk terus bersama-sama membangun negeri melalui TMMD Reguler 101 dan Sengkuyung Tahap I Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

"Inilah bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita", jelasnya.

Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-101 Kodim 0702/Purbalingga, beremakan "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa", selaku Irup Plt. Gubernur Jawa Tengah Drs.H.Heru Sudjatmoko, M.Si.
Hadir dalam acara tersebut, Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., Aspers Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Gatot Heru Buana, S.H., Plh. Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Kav Puj Setono, Kapaldam IV/Diponegoro Kolonel Cpl Hezon Herman, HS, Kazidam IV/Diponegoro Kolonel Czi Rubby Wirawan H, Kaajendam IV/Diponegoro Kolonel Caj Dindin Rahmat S, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo, SE, Kapuskodal Ops Kodam IV/Diponegoro Letkol Kav Tumadi, S.Sos, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/ Wk, Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH., M.M. beserta Ibu Ketua TP PKK Kab. Purbalingga Erni Widyawati Tasdi, S.Sos, Ketua DPRD Kab. Purbalingga H. Tongat, SH., M.M,  Forkopimda Kab. Purbalingga, Kepala Bappelitbangda Provinsi Jawa Tengah Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si,  Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jawa Tengah Drs. Supriyono, M.Si, Forkompimcam se - Kab. Purbalingga, Kades se -Kec. Karangjambu, Anggota TP PKK Kab. Purbalingga, Dharma Wanita Persatuan Kab. Purbalingga, Persit KCK Dim 0702/Pbg, Pia Ardya Garini Lanud SUD, Bhayangkari Polres Purbalingga,  Perwakilan Ormas Kab. Purbalingga, Toda, Toga, Tomas se -Kec. Karangjambu, mahasiswa dan pelajar serta warga masyarakat Desa Karangjambu dan sekitarnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Gubernur Jawa Tengah menyampaikan, saat ini jumlah Penduduk miskin di Jawa Tengah per-bulan September 2017 sebanyak 4,197 juta jiwa atau 12,23% , sedangkan jumlah pengangguran terbuka Jawa Tengah per-bulan Agustus 2017 sebesar 4,57%. Untuk Indeks Pembanguna manusia diJawa Tengah Tahun 2016 berada pada angka 69,98.

"Ini adalah PR kita, yang harus dikeroyok dan diselesaikan bersama-sama. Maka TMMD sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non
Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang kita hadapi tersebut", terangnya.

Dikatakan, pelaksanaan program TMMD Tahap 1 Tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 4 April sampai dengan 3 Mei 2018 ini, akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di daerah, membuka isolasi antar desa sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah, meningkatnya kesehatan lingkungan dan sanitasi kawasan padat penduduk dan kumuh di perkotaan serta gerakan masyarakat hidup sehat.

"Program TMMD juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka membangun karakter generasi penerus bangsa ketahanan bangsa yang dijiwai Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika tetap terus terjaga dari gangguan virus berupa terorisme, radikalisme, dan narkoba", lanjutnya.

"Sinergitas Program Kementerian Dikbud RI dengan Program TMMD Tahap I yang siap asinergikan meliputi antara lain pemberantasan buta aksara, PAUD, pendidikan karakter, termasuk pendidikan keluarga, pendidkan ketrampilan dan pendidikan kesetaraan yang semuanya berbasis desa", terangnya.

Dengan mengangkat tema "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa" TMMD ini harus kita sukseskan bersama.

"Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah yang menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi", ujarnya.

"Kita ingin seluruh desa di Jawa Tengah, semakin maju dan mandiri. Kita ingin kehidupan rakyat Jawa Tengah semakin sejahtera, jalan dan jembatan
semakin memadai sehingga aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa semakin lancar. Kemudian sarana
prasarana fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat juga makin baik", ujarnya.

"Kita tentu juga ingin masyarakat desa semakin cerdas, terampil, kreatif dan inovatif serta mempunyai kualitas yang mumpuni sebagai modal dasar membangun desanya. Pada prinsipnya masyarakat kita harus betul-betul dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera", lanjutnya.

"Melalui TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penyelesaian PR-PR kita di Jawa Tengah. Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju, mandiri dan masyarakatnya pun semakin makmur sejahtera. Inilah cita-cita
yang harus kita wujudkan bersama", himbaunya kepada para peserta upacara dan hadirin yang hadir.

"Mari kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian kepadabIbu Pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di negeri ini. Dari Desa untuk Indonesia, Selamat Membangun", ungkapnya.

TMMD Reguler Ke-101 Kodim 0702/Pbg, Sasaran Fisik, Pembangunan jalan Makadam volume 1.975 M 5 M, Pembangunan Gorong-gorong volume 0,40 M x7 M, 2 Buah, Pembangunan Gorong-gorong
Volume 0,60 M x 7 M, 1 Buah, Pembangunan Talud Volume 30 M x 2 M, Pembangunan Pagar SMPN 1 Karangjambu volume 25 M x2 M.

Sedangkan sasaran Non Fisik, Penyuluhan bidang mental ideologi, Penyuluhan bidang kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Penyuluhan bidang Kamtibmas, Penyuluhan bidang kesejahteraan masyarakat, Penyuluhan bidang Pertanian.(trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman