Dukuh Bayur Bojong, Jatibarang, Brebes Kembali Dikepung Banjir - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 31 Maret 2023

Dukuh Bayur Bojong, Jatibarang, Brebes Kembali Dikepung Banjir



Bregasnews.com – Banjir langganan kembali menggenangi wilayah pemukiman dan areal persawahan warga Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akibat meluapnya Sungai Bayur anak Sungai Kaligondang. Jumat (31/3/2023).


Tampak Babinsa setempat Serda Bambang, bersama perangkat desa melakukan patroli di wilayah banjir dengan LCR milik desa setempat.


Disampaikan Danramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, Kapten Arhanud Suryadi SH, bahwa banjir di salah satu wilayah desa binaannya itu terjadi mulai pukul 07.45 WIB.


“Banjir itu akibat kiriman air dari wilayah Brebes selatan di Sungai Pemali sangat melimpah sehingga akhirnya masuk ke anak sungai, Sungai Kaligondang. Dari Sungai Kaligondang, air selanjutnya masuk ke anak sungainya yaitu Sungai Bayur dan limpas di belakang makam di Dukuh Bayur,” terangnya.


Setidaknya 60 KK di Dukuh Bayur dari RT. 12, 13, 14, dan RT. 15 yang terendam air dengan ketinggian bervareasi antara 30-60 centimeter.



Sekitar pukul 11.00 WIB air mulai surut pelan. Tidak ada korban jiwa, namun belasan hektar tanaman pertanian penduduk rusak.


Warga setempat berharap pihak terkait segera merespon banjir langganan yang juga langganan melumpuhkan aktivitas warga maupun menimbulkan kerusakan barang-barang rumah tangga, kendaraan bermotor, merusak pertanian, mematikan ternak, yaitu dengan normalisasi/pengerukan sedimentasi di Sungai Bayur khususnya serta pengadaan bronjong kawat sebagai tanggul sungai. (Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman