Binteknis 2 hari : Optimalisasi Peran Babinsa Wujudkan Kondusifitas Wilayah Jelang Pilkada - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 30 April 2024

Binteknis 2 hari : Optimalisasi Peran Babinsa Wujudkan Kondusifitas Wilayah Jelang Pilkada

 


Dasar Pemikiran

Berdasarkan pada data KPU, ada 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2024, dan pemungutan suara rencananya akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Semua tentu berharap agar penyelenggaraan pilkada nanti berjalan dengan lancar, tertib dan aman, sebagaimana berjalannya penyelenggaraan pilpres dan pileg yang kondusif. Namun, kondusifitas kewilayah bukan sesuatu yang bersifat ‘hadiah’, melainkan sebuah hasil dari ‘ikhtiar maksimal’ yang dilakukan oleh seluruh pengemban fungsi yang terkait. Tidak terkecuali peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) sebagai kesatuan prajurit TNI yang bersingunggan langsung dengan masyarakat. 


Sebagai satuan teritorial paling depan di TNI, petugas Babinsa wajib membantu meringankan beban masyarakat yang ada di lingkungan kerja atau wilayah operasinya. Baik Babinsa TNI AD (Bintara Pembina Desa), Babinsa TNI AL (Bintara Pembina Samudera), maupun Babinsa TNI AU (Bintara Pembina Angkasa) dan bertanggung jawab kepada Danramil, Danposal atau Danposau. Termasuk dalam pelaksanaan tugasnya yang terkait dengan melatih satuan perlawanan rakyat, memimpin perlawanan rakyat di pedesaan, memberikan penyuluhan kesadaran bela negara, memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang Hankamneg (Pertahanan dan Keamanan Negara), melakukan pengawasan fasilitas/prasarana Hankam di pedesaan/ kelurahan, dan memberikan laporan tentang kondisi sosial di pedesaan secara berkala. Selain itu, Babinsa memiliki fungsi sebagai perencana dalam penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang guna kepentingan NKRI.


Untuk itu, pembekalan teknis yang terkait dengan optimalisasi fungsi dan peran Babinsa dalam mewujudkan kondusifitas keamanan di wilayah binaannya masing – masing menjadi sangat penting sekali. Sekaligus bisa dijadikan referensi dalam melaksanakan tugas pengamanan pilakda serentak 2024 agar berjalan dengan lancar, tertib dan aman. 


*Tujuan*

Pembinaan teknis ini dilakasanakan dengan tujuan sebagai upaya peningkatan kompetensi prajurit pembina desa sebagai prajurit profesional yang bersatu dengan rakyat, dan sekaligus untuk membekali seluruh peserta dalam perencanaan operasi pembinaan kewilayahan yang lebih terarah dalam melaksanakan tugas pengamanan pilakda serentak 2024.


*Subjek Pembahasan*

Hari Pertama : 

- Analisis Strategis Posisi Babinsa Dalam Pembinaan Wilayah

- Optimalisasi Peran dan Fungsi

a. Pengawasan Keamanan Wilayah

b. Pendampingan Pembangunan Wilayah

c. Pemberdayaan Masyarakat

d. Sosialisasi Program Pemerintah

e. Menjaga Kedekatan TNI dengan Masyarakat

f. Kesiapsiagaan dalam Situasi Darurat


- Pengembangan Kompetensi Kewilayahan

a. Keterampilan Pertahanan dan Keamanan Wilayah

b. Pengelolaan Krisis Kewilayahan

c. Penanganan Situasi Khusus (Tindakan Cepat dan Tepat)


- Pemetaan Potensi Wilayah

a. Potensi SDM

b. Potensi SDA

c. Subjek dan objek Strategis Kewilayahan


- Pemetaan Potensi Kerawanan Wilayah

a. Profiling Orang dan Organisasi

b. Klustering dan Strategi Penetrasi

c. Pemilihan Tema dan Program

d. Pembinaan dan Penggalangan

e. Evaluasi, Monitoring dan Sistem Pelaporan

- Koordinasi & Kerjasa Antar Instansi


Hari Kedua : Praktek Lapangan


*Informasi lebih lanjut bisa menghubungi :*

- Ibu Ria : 0813 9555 2289

- Ibu Ines : 0813 2498 5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman