Netralisir Paham Radikal, Babinsa Wanacala Brebes Aktif Jalin Komsos Deradikalisasi Kelompok Raki - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Selasa, 23 Januari 2018

Netralisir Paham Radikal, Babinsa Wanacala Brebes Aktif Jalin Komsos Deradikalisasi Kelompok Raki


Bregasnews.com – “Deradikalisasi” adalah segala daya dan upaya guna menetralisir paham-paham radikal melalui pendekatan interdisipliner seperti hukum, psikologi, agama maupun sosial budaya bagi mereka yang pernah dipengaruhi atau terekspose oleh paham radikal (pro-kekerasan). Deradikalisasi terorisme diwujudkan dengan program reorientasi motivasi, reedukasi, resosialisasi serta mengupayakan kesejahteraan sosial dan kesetaraan dengan masyarakat lainnya bagi mereka yang pernah terlibat radikal kiri, terorisme maupun bagi simpatisan saja, sehingga timbul rasa nasionalisme kembali dan mau berpartisipasi dengan baik melaksanakan kewajiban sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan Galtas (Penggalangan Terbatas) berupa komunikasi sosial terhadap deradikalisasi kelompok Raki (Radikal Kiri) di wilayah binaan Koramil 17/Songgom Kodim 0713/Brebes, Desa Wanacala yang dilakukan oleh Babinsa Wanacala selepas pelaksanaan penen padi serempak bersama Poktan Tipar Desa Wanacala lahan padi seluas 10 hektar. Senin (22/1/2018).                                                                

Komsos berupa silaturahmi terpadu ini, merupakan salah satu wujud kepedulian TNI Satkowil Kodim 0713/Brebes melalui Babinsa Koramil 17/Songgom, dalam rangka memantau dan menjaga situasi kamtibmas diwilayah Kabupaten Brebes. Perlu dikatahui behwa Babinsa adalah mata dan telinga TNI, serta ujung tombak satuan Kowil (Komando Kewilayahan) dalam hal ini Kodim 0713/Brebes untuk mengajak mantan Raki (Radikal Kiri) untuk kembali kepangkuan ibu pertiwi dan mengakui bahwa Pancasila adalah satu-satunya dasar negara yang hakiki, yang menjunjung tinggi perbedaan namun bersatu padu dalam wadah NKRI yang ber Bhineka Tunggal Ika.

Babinsa Desa Wanacala, Serda Kamdani telah melaksanakan Komsos penggalangan terhadap salah satu mantan anggota Raki G 30 S PKI, Bapak Said (76)  yang beralamatkan di Dukuh Kampiran Rt. 02 Rw. 03 Desa Wanacala.

Mantan Raki komunis tersebut, dalam ramah tamahnya dengan Babinsa setempat mengakui dan patuh terhadap Ideologi Pancasila dan UUD 1945, yang bersangkutan telah mencintai tanah air dan bangsa serta menjunjung tinggi terhadap segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menjunjung tinggi kerukunan antar umat beragama dalam persatuan dan kesatuan NKRI.

Penggalangan dengan komunikasi dua arah ini, berguna dalam menjalin silaturrahmi dengan mantan keluarga organisasi terlarang radikal kiri yang berada dalam binaan Koramil 17/Songgom Kodim 0713/Brebes agar tidak mencuat kembali tunas-tunas komunis di wilayah Kabupaten Brebes. (Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman