Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes Adakan Tes Urin Di Kodim 0713/Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 22 November 2016

Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes Adakan Tes Urin Di Kodim 0713/Brebes

Pemeriksaan Urine Pada Program P4GN Kepada Anggota Kodim 0713/Brebes Triwulan IV TA. 2016

Bregasnews.com - Setelah melakukan tes urin di beberapa instansi, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes kembali mengadakan tes urin dadakan. Tes urin kali ini mengambil tempat di Makodim 0713/Brebes. 

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.I.P., memimpin pelaksanaan tes urine kepada seluruh personel Kodim 0713/Brebes melalui program P4GN, Senin (21/11) di Makodim 0713/Brebes.

Dengan Tes Urine kepada seluruh Personel Makodim 0713/Brebes tanpa terkecuali, hal ini bertujuan dalam profesionalitas TNI yang bebas Narkoba, sehingga bagi Personel Makodim 0713/Brebes yang terbukti menggunakan Narkoba dalam Tes Urine tersebut akan ditindak/diproses sesuai hukum di lingkungan Angkatan Darat.   

Dijelaskan oleh Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BNK Brebes Atmo Tan Sidik, kegiatan ini dilakukan secara mendadak, sehingga didapat data yang natural tanpa adanya persiapan untuk menghilangkan jejak kandungan narkoba

Ditambahkan oleh Atmo, TNI merupakan figur referensi untuk ditauladani, untuk itu dengan adanya tes urin narkoba ini akan membuat pihak lain akan berfikir untuk menolak penyalahgunaan narkoba. 


Sementara itu Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Inf. Efdal Nazra, S.I.P., menanggapi dengan baik sidak yang dilakukan BNK. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba yang masuk dikalangan prajurit. 

Dandim Menegaskan, sesuai arahan Panglima TNI, bagi prajurit TNI yang melakukan penyalahgunaan narkoba tidak ada hukuman lain selain pemecatan secara tidak hormat.

Maraknya peredaran Narkoba saat ini menjadikan musuh bersama di Indonesia yang selama ini sudah menyentuh berbagai lapisan dan komponen masyarakat, oleh karenanya Kodim 0713/Brebes dalam hal ini bergerak cepat dengan mengambil langkah untuk mencegah dan mengetahui adanya penggunaan Narkoba di kalangan anggotanya, maka dilaksanakan tes urine bagi seluruh personel Kodim 0713/Brebes melalui program P4GN.

Pelaksanaan tes urine di Makodim 0713/Brebes diikuti sekitar 250 orang prajurit dan PNS yang dipimpin langsung oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.I.P., yang secara garis besar mengatakan bahwa dalam kegiatan ini yang merupakan bagian dari program juga untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh prajurit sekaligus untuk mengetahui bila ada oknum prajurit yang menjadi pengguna Narkoba, sehingga dapat ditindaklanjuti untuk penanganannya sesuai dengan perintah dari Komando Atas agar personel TNI AD harus bersih dari semua pengaruh, penggunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan BNK Brebes yang dipimpin oleh Atmo Tan Sidik bersama staf, Tes urine yang dilakukan menggunakan parameter untuk mengetahui adanya kandungan dari Amphetamine (AMP), Methampetamine (MET), Marijuana (THC), ‎Morphine (MOP) dan Benzodiazepines (BZO).

Hasil dari kegiatan pemeriksaan terhadap tes urine kepada personel Kodim 0713/Brebes dengan jumlah sekitar 250 prajurit TNI yang mengikuti upacara, tes urin dilakukan pada 53 anggota sebagai sample. Kondisi ini mengingat akan keterbatasan waktu dan peralatan yang ada dan belum ditemukan adanya penggunaan dan penyalahgunaan Narkoba.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman